Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Tari


Mengekspresikan diri melalui karya seni tari, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Unsur tari

 Pemahaman yang paling mendasar mengenai seni tari adalah apa saja yang terkandung di dalam sebuah tarian itu. Ada unsur utama dan penunjang di dalam sebuah tarian. Unsur utama merupakan elemen dasar yang tidak bisa ditinggalkan, sedangkan unsur penunjang tari merupakan unsur yang keberadaannya menunjang elemen dasar dari tarian.

A. Unsur utama

 Unsur utama dalam sebuah tarian adalah gerak yang selalu melibatkan anggota tubuh manusia. Unsur anggota badan tersebut akan membentuk gerak tari. Oleh karena itu, anda perlu memahami lebih dalam lagi mengenai macam-macam gerak yang ada.

 Misalnya gerak realistic atau gerak simbolik. Ada juga gerakan yang lemah, kasar, tegang atau lembut. Masing-masing gerakan ini memiliki waktu yang tepat untuk ditunjukkan.




B. Unsur penunjang

 Unsur penunjang ini sendiri merupakan unsur pendukung yang tidak kalah penting. Adapun beberapa unsur penunjang, yaitu :


  • Make up atau tata rias, pengaturan make up ini juga termasuk tata rias rambut, sehingg harus disesuaikan dengan tema yang telah ditentukan
  • Tata busana atau pakaian yang merupakan kebutuhan pokok dari seorang penari
  • Iringan music sebagai ritme yang akan mengatur gerakan
  • Tempat atau arena pementasan juga penting, sehingga penari bisa mneyesuaikan tema yang cocok
  • Tata lampu untuk menerangi dan membentuk suasana yang diperlukan dalam berbagai adegan
  • Tema tari yang bisa ditentukan dari banyak sumber, misalnya kehidupan sehari-hari atau kepahlawanan
  • Perlengkapan tari drama. Misalnya kipas, pedang, tombak dan atribut lainnya

Jenis tari

 Untuk mengekspresikan diri melalui karya seni tari, anda juga perlu mengetahui jenis tari mana yang akan anda tarikan, karena banyak sekali jenis tari yang ada. Bisa tari upacara, tari pergaulan atau tari pertunjukkan dan lainnya.

 Selain itu, anda juga harus menentukan komposisi penarinya. Ada beberapa jenis tarian yang memang bisa dilakukan oleh seorang penari saja, namun ada juga tarian yang hanya bisa dilakukan secara berkelompok.

 Jika anda melakukannya secara berkelompok, tentunya faktor penting yang perlu anda perhatikan adalah keseimbangan dan keharmonisan. Usahakan anda juga memilih orang yang memiliki perawakan sama dengan anda untuk menyempurnakan unsur sebuah tarian.

 Pada dasarnya, tarian tradisional ditampilkan sesuai dengan tema yang akan anda pilih. Dalam pemilihan tema juga anda perlu memperhatikan berbagai faktor penting, misalnya untuk menyambut hari apakah pementasan tersebut dilakukan ?

 Jika dilakukan pada hari pahlawan, maka sebaiknya anda menggunakan tema kepahlawanan atau patriotism untuk tarian anda. Selain itu, kapan pementasan tersebut dilaksanakan juga penting. Usahakan pilih jam santai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar