Upaya Melestarikan Tari Tradisional


            
Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan dari mulai tarian, musik, adat, budaya dan lain sebagainya. Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang harus kita syukuri dan harus kita lestarikan. Dengan keanekaragaman kebudayaannya, Indonesia dapat dikatakan mempunyai keunggulan dibandingkan negara lainnya. Indonesia mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan sangat bervariasi. 

Namun yang berkembang saat ini adalah banyaknya mayoritas orang yang sudah mulai mengabaikan bahkan melupakan kebudayaan bangsa sendiri seperti halnya tarian tradisional. Tak sedikit anak muda yang malah lebih senang menarikan tarian modern dari pada tarian tradisional. Dari waktu ke waktu, tarian tradisional sudah mulai tertutupi oleh adanya tarian modern meskipun tidak semua, tarian tradisional kini sudah tidak di lirik lagi, bahkan anak-anak hingga kaum muda kini sudah lebih mengenal tarian modern dari pada tarian tradisional. 

Tarian tarian tradisional ini memiliki daya tarik bagi wisatawan manca negara. Bahkan tak sedikit negara lain yang ingin mengklaim tarian tarian yang kita miliki contohnya beberapa waktu lalu tari pendet yang berasal dari Bali yang di klaim oleh negara Malaysia, itu semua menunjukan bahwa budaya tari yang kita miliki sangat mempunyai pengaruh besar. 

Kurangnya kesadaran masyarakat akan kecintaan kepada tarian tarian tradisional membuat perlahan demi perlahan eksistensi nya berkurang atau bahkan punah tak dapat di nikmati lagi, apalagi yang berkembang akhir-akhir ini negara kita sedang mengalami arus globalisasi yang cukup kuat mempengaruhi seluruh generasi muda kita seperti munculnya tarian tarian modern seperti tarian k-pop yang membuat mereka lebih tertarik untuk mempelajarinya. Bahkan tak sedikit orang yang beramai-ramai membuat video tentang tarian tersebut dan di unggah di youtube atau jejaring sosial lainnya. Meraka adalah generasi penerus yang seharusnya bisa memfilter budaya yang masuk ke dalam budaya kita, bukan malah menikmati tarian tersebut bahkan hingga membuat video dan mengunggahnya ke jejaring sosial dan mungkin mereka tidak tahu asal usul budaya tarian tersebut. 

Karena kebanyakan dari kita justru malah mengabaikan tarian tarian tradisional bahkan ada pula yang memang tidak peduli pada tarian tarian tradisional. Jika dilihat atau dipelajari lebih lanjut tarian tradisional cukup keren atau menarik untuk dipelajari lebih lanjut apalagi ditambah dengan hiasan baju yang sangat unik dan tentunya dari tiap-tiap daerah berbeda beda, karena adanya beragam suku, budaya, serta adatnya masing-masing yang sudah menjadi ciri khas dari tarian tarian tradisional tersebut. 

Jika kita telaah dari segi sejarah, tentu tarian tarian tersebut sangat tidak sesuai dengan falsafah negara kita yaitu pancasila dan moralitas bangsa kita. Jika di lihat dari segi agama pun tarian tarian fenomenal ini tidak memiliki esensi apapun, bahkan hanya bersifat hura-hura dan parahnya lagi mengandung unsur pornoaksi yang bisa menimbulkan syahwat yang seharusnya bisa lebih di cermati oleh seluruh generasi bangsa ini. Dengan adanya tarian modern sekarang ini, jika kita tidak bisa memfilternya terlebih dahulu, lama-lama tarian tradisional dan budaya bangsa kita akan semakin tertutupi bahkan bisa saja punah. 

Kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Negara memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dan menjadikan Kebudayaan sebagai investasi untuk membangun masa depan. Keberagaman Kebudayaan daerah merupakan kekayaan dan identitas bangsa yang sangat diperlukan untuk memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia di tengah dinamika perkembangan dunia. 

Melihat fenomena ini kita memang tak lantas dapat menyalahkan masyarakat yang lebih memilih menarikan tarian modern itu dibandingkan tarian tradisional yang kita miliki. Perlunya ada penanaman dini tentang kecintaan terhadap budaya Indonesia khususnya seni bertari seperti mengenalkan seluruh tarian-tarian tradisional agar setelah mereka mengenal lalu mereka tertarik untuk mempelajari selanjutnya. Atau kalau perlu diadakan ekstrakulikuler di setiap sekolah tentang tarian tradisional. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan kebudayaan bangsa kita sendiri. 

Dalam menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang anggota masyarakat khususnya kita sebagai generasi muda dalam mendukung kelestarian budaya dan ikut menjaga budaya lokal diantaranya adalah : 
  1. Mau mempelajari budaya tersebut, baik hanya sekedar mengenal atau bisa juga dengan ikut mempraktikkannya dalam kehidupan kita 
  2. Ikut berpartisipasi apabila ada kegiatan dalam rangka pelestarian kebudayaan 
  3. Mengajarkan kebudayaan itu pada generasi penerus sehingga kebudayaan itu tidak musnah dan tetap dapat bertahan 
  4. Mencintai budaya sendiri tanpa merendahkan dan melecehkan budaya orang lain 
  5. Mempraktikkan penggunaan budaya itu dalam kehidupan sehari-hari, misalnya budaya berbahasa 
  6. Menghilangkan perasaan gengsi ataupun malu dengan kebudayaan yang kita miliki 
  7. Menghindari sikap primordialisme dan etnosentrisme 
  8. Ajarkan budaya kepada orang lain 
  9. Menanamkan rasa cinta masyarakat terhadap seni 
  10. Mengenalkan seni tari tradsional kepada masyarakat luas 
  11. Ikut serta dalam upaya peestarian nilai-nilai budaya 
Sudah saatnya kita sebagai masyarakat Indonesia khusunya pelajar dan mahasiswa, harus bisa memilah apa yang masuk dari luar artinya kita harus bisa memilih dan menyaring mana yang lebih baik dan positif untuk kita ikuti. Bukan sekedar ingin mengikuti tren yang sudah ada tanpa memfilter terlebih dahulu. Sudah saatnya kita kembangkan dan lestarikan kembali tarian tradisional yang sudah mulai tertutupi oleh tarian modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar