Kelebihan dan Kekurangan Seni Tari


Seni Tari Tradisional 


Kelebihan dari seni tari tradisional yaitu bisa mempertahankan tarian khas daerah tersebut, kekurangannya yakni mungkin banyak yang tidak tertarik dengan seni karena orang pada zaman sekarang sudah serba modern saja. Berikut ini beberapa kelebihan serta kekurangan dari seni tari tradisional.

Kelebihan Seni Tari Tradisional : 

1. Dapat dinikmati oleh semua usia 
Gerakan gerakan tari tradisional yang kalem dibandingkan dengan tarian modern dengan gerakan cepat unik dan penuh power lebih disukai dan dapat dinikmati oleh semua usia. Maksudnya dapat dinikmati oleh semua usia disini adalah bahwa dalam pagelaran seni traditional semua bentuk gerakan dan tarian bisa dilihat dan dirasakan karyanya oleh semua orang berbeda dengan tari modern yang kebanyakan orang tua tidak menyukainya. 

2. Mencerminkan budaya asli daerah 
Tarian modern lebih dikenal sebagai salah satu budaya asing yang masuk dan menjangkiti pada pemuda. Bentuk dan gerakan tarian tersebut sangat tidak mencerminkan budaya asli daerah serta tidak mendukung bentuk pelestarian budaya pada anak muda. Berbeda dengan tari modern, seni tari tradisional lebih mencerminkan kebudayaan asli nusantara karena berasal dan berkembang dalam wilayah wilayah terutama pedalaman yang belum tersentuh oleh budaya asing meskipun ada beberapa bentuk tari yang tetap terpengaruh budaya asing namun tidak dominan dan tetap mempertahankan budaya asli daerah tersebut. 

3. Memiliki fungsi yang banyak 
Seperti yang dijelaskan pada salah satu kalimat pembuka diatas bahwa fungsi tari modern lebih sedikit dibandingkan dengan tarian traditional. Sebagian besar tarian modern hanya berfungsi sebagai sarana hiburan dan media pergaulan saja. Sedangkan tarian traditional lebih memiliki banyak peran dan fungsi bahkan ada beberapa tari traditional yang sifatnya sangat sakral. Beberapa fungsi tersebut diantaranya seperti :
  • Sarana upacara, contoh seni tari nusantara yang memiliki fungsi ini adalah seni tari pendet dari bali yang digunakan dalam beberapa upacara keaamaan. 
  • Sarana hiburan, contoh seni tari nusantara yang memiliki fungsi ini salah satunya tari tayub dari jawa tengah dan tari jaipong dari jawa barat yang termasuk kebudayaan suku sunda. 
  • Sarana penyaluran terapi, beberapa tari nusantara digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif dan terapi untuk penyakit tertentu. 
  • Beberapa fungsi lainnya, seperti sebagai penyambutan tamu, ibadah kepada sang pencipta, sarana pendidikan, sarana pergaulan, dan sarana pertunjukan. 
Kekurangan Seni Tari Tradisional :

1. Tidak mengikuti zaman atau up to date 
Sebagai salah satu tarian yang muncul lebih lama dibandingkan dengan tari modern, tari traditiona lebih sulit untuk mengikuti perkembangan jaman atau sering dikenal dengan istilah kurang up to date. Bentuk tarian tradisional akan sulit berkembang mengikuti tren dan perkembangan gaya hidup masyarakat modern terutama anak mudanya sehingga ada kemungkinan akan punah jika tidak dilestarikan. 

2. Tidak banyak diminati oleh kaum muda 
Hampir semua elemen kaum muda dunia menyukai bentuk tarian modern yang tidak kuno serta membosankan seperti tarian traditional pada umumnya. Tari tradisional ini terkesan lebih memiliki gerakan yang lambat dengan musik pengiring yang sangat kalem serta kurang power sehingga tidak diminati oleh para anak anak muda sekarang ini. 

3. Pelestari karyanya lebih sedikit dibandingkan dengan tari modern 
Penari tari tradisional dari tahun ke tahun jumlahnya semakin menurun sehingga ada ancaman bahwa pelestari karyanya akan terus berkurang. Kondisi tersebut menyebabkan munculnya resiko hilang dan punahnya beberapa tari tari traditional tersebut. 

Seni Tari Modern 


Kelebihan dari seni tari modern yaitu mudah diikuti atau ditiru, seni tari modern juga mudah di kreasikan sebab tidak ada aturan baku atau gerakan yang melambangkan kedaerah seperti tari tradisional, tari modern juga mudah di temui, tari modern dapat dikatakan sebagai seni dimana para anak muda dapat berkreatifitas dan berinovasi pada seni tari. Kekurangannya yaitu tari modern tidak memiliki gerakan simbolik khusus seperti pada tari tradisional. Berikut ini beberapa kelebihan serta kekurangan seni tari modern.

Kelebihan Seni Tari Modern :

1. Mengikuti zaman atau up to date 
Sebagai salah satu tarian yang muncul lebih baru dibandingkan dengan tari traditional, tari modern lebih bisa mengikuti perkembangan jaman atau sering dikenal dengan istilah up to date. Bentuk tarian modern akan terus berkembang mengikuti tren dan perkembangan gaya hidup masyarakat modern terutama anak mudanya. 

2. Banyak diminati oleh kaum muda 
Hampir semua elemen kaum muda dunia menyukai bentuk tarian modern yang tidak kuno serta membosankan seperti tarian traditional pada umumnya. Banyaknya peminat ini menjadikan tarian modern lebih mudah diterima oleh masyarakat saat ini dibandingkan dengan tari tari nusantara tradisional lainnya. 

3. Gerakannya energik 
Berbeda dengan gerakan dari penari tradisional yang kalem, gerakan tarian modern lebih energik dan penuh dengan power sehingga cocok untuk anak muda yang membutuhkan wadah menyalurkan keinginan besarnya dalam bentuk tarian modern. Gerakan energik pada tarian modern tersebut sangat mendukung kebutuhan bagi para anak muda saat ini. 

4. Penikmat karyanya lebih banyak dibandingkan dengan tari tradisional 
Jika dinilai dari jumlah penikmat yang menikmati tarian, penikmat tari modern lebih banyak terutama pada kaum muda dibandingkan dengan penikmat tarian tradisional. Jumlah penonton pada setiap pagelaran atau pertunjukannya juga selalu lebih banyak. Selain penikmat, menari dengan gaya tari modern juga lebih banyak diminati oleh anak muda untuk dipelajari lebih mendalam dibandingkan dengan tarian traditional. 

5. Memiliki banyak jenis dan terus berkembang 
Jenis dan macam tarian traditional lebih bergantung pada daerah asal tari tersebut dan tidak akan mengalami perkembangan yang berarti. Berbeda dengan tari tradisional tersebut, tarian modern akan mengalami perkembangan yang terus menerus dan akan selalu mengikuti perkembangan zaman serta melahirkan berbagai jenis tarian baru. 

Kekurangan Seni Tari Modern :

1. Tidak dapat dinikmati oleh semua usia 
Tarian modern lebih identik dengan anak muda yang energik sehingga sangat terbatas penikmatnya. Beberapa orang tua lebih menyukai gerakan gerakan tari traditional yang kalem dibandingkan dengan tarian modern dengan gerakan cepat unik dan penuh power. 

2. Tidak mencerminkan budaya asli daerah 
Tarian modern lebih dikenal sebagai salah satu budaya asing yang masuk dan menjangkiti pada pemuda. Bentuk tarian tersebut sangat tidak mencerminkan budaya asli daerah serta tidak mendukung bentuk pelestarian budaya pada anak muda. 

3. Memiliki fungsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan tari tradisional 
Seperti yang dijelaskan pada salah satu kalimat pembuka diatas bahwa fungsi tari modern lebih sedikit dibandingkan dengan tarian tradisional. Sebagian besar tarian modern hanya berfungsi sebagai sarana hiburan dan media pergaulan saja. Sedangkan tarian traditional lebih memiliki banyak peran dan fungsi bahkan ada beberapa tari tradisional yang sifatnya sangat sakral. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar